oleh

Yogyakarta Disiapkan jadi Kota Ramah Lansia

Dinas Sosial Kota Yogyakarta sedang  bekerja  keras mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Ramah Lansia. Kapan program ini direalisasikan?

—————

BILA tidak ada kendala teknis atau faktor lain, Dinas Sosial Kota Yogyakarta akan mewujudkan Kota Ramah Lansia pada tahun 2020. Artinya, masih ada waktu setahun lagi untuk deklarasi Yogyakarta sebagai daerah yang ramah untuk para penduduk lanjut usia.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat  SKM MKes optimistis mimpi tersebut bisa diwujudkan pada tahun 2020. “Karena Kota Yogyakarta memang layak jadi kotanya para lansia,” kata Agus.

Dinas Sosial Kota Yogyakarta telah menyiapkan langkah-langkah strategis. Misalnya melakukan pendatataan jumlah penduduk lansia yang  tersebar pada 14 kecamatan di wilayah administratif Kota Yogyakarta.

AKTIVIS HW: Usia boleh tua, semangat anak muda.

Saat ini, angka jumlah lansia sebanyak 14 persen dari jumlah penduduk Kota Yogyakarta. Jumlahnya sekitar 45 ribu orang.  Lima persen dari jumlah itu, diklasifikasikan kategori  lansia tidak potensial. Lansia golongan ini membutuhkan penanganan khusus.

Dimana lansia terbanyak? Berdasarkan pendataan Dinas Sosial, jumlah lansia terbanyak berada di Kelurahan Mergangsan. Kelurahan ini pun diputuskan menjadi pilot project penanganan lansia. Sementara mensosialisasikan Yogyakarta sebagai Kota Ramah Lansia, Dinas Sosial menyelenggarakan Gerakan Sayang Lansia.

Gerakan ini berbasis “Mikul Dhuwur Mendem Jero“. Program ini menarik. Karena para lansia di Kota Yogyakarta akan didorong supaya bisa menjadi pendongeng. Bisa bercerita tentang kisah-kisah positif dan inspiratif kepada anak dan cucu.

Dinas  Sosial juga akan menambah fasilitas  untuk lansia. Antara lain taman terbuka hijau. Ditambah sarana transportasi yang ramah lansia. Hanya Dinas Sosial belum menginformasikan tentang moda transportasi yang  akan digunakan untuk lansia.

Agus mengatakan, atensi terhadap para lansia juga telah disampaikan Dinas Sosial dalam berbagai pertemuan antar institusi. Salah satunya melalui musyawarah rencana pembangunan di kecamatan maupun kelurahan.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA