oleh

Workshop Antisipasi Disinformasi Vaksinasi COVID-19

BERITA649.COM – Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan menyelenggarakan Workshop Persiapan Vaksinasi COVID-19.

Workshop yang dilaksanakan 23 November lalu  bertujuan meningkatkan kompetensi pemahaman dan keterampilan tenaga medis dan tenaga kesehatan terkait vaksinasi COVID-19.

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan SDM Kesehatan, dr Mariya Mubarika menjelaskan workshop  penting dilakukan untuk mengantisipasi disinformasi soal vaksinasi COVID-19.

“Sangat penting mengantisipasi disinformasi yang selalu terjadi pada penanganan COVID-19,” kata Mariya.

BACA JUGA: DIY Tambah 150 Kasus Positif, Sleman Tertinggi

Berdasarkan survei yang dilakukan Kemenkes RI, WHO, dan UNICEF tanggal 12 November 2020, sebanyak 53 persen dari responden 115 ribu percaya tenaga medis dan tenaga kesehatan.

Seperti diinformasikan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, responden percaya mendapatkan informasi tentang vaksinasi.

Sementara pada artikel jurnal internasional  disebutkan tenaga medis dan tenaga kesehatan memegang kunci keberhasilan pemberian vaksinasi COVID-19.

“Karena itu peningkatan pemahaman mendasar dan informasi-informasi terkait vaksinasi COVID-19 harus dilakukan,” kata Mariya memberi alasan,

Pada workshop ini, tenaga medis dan tenaga kesehatan diharapkan mampu menjadi juru bicara pemerintah dalam menyampaikan dan mengajak masyarakat  melakukan vaksinasi.

Mereka juga mampu menangkal informasi hoax yang selalu saja dipabrikasi untuk mengacaukan program vaksinasi. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA