oleh

Wisatawan Malioboro Terbanyak, Disusul Tamansari dan Gembira Loka

YOGYAKARTA – Tempat wisata di Kota Yogyakarta terus dibanjiri wisatawan domestik. Pandemi virus corona tidak menghalangi wisatawan mendatangi tempat-tempat wisata yang berdekatan dengan kawasan Malioboro.

Pengunjung mematuhi peraturan selama berada di lokasi wisata. Mulai cuci tangan, mengenakan masker, cek suhu badan dan selalu menjaga jarak.

“Kami senang melihat animo wisatawan domestik berkunjung ke Kota Yogyarakarta. Lebih senang lagi, para wisatawan tertib mengikuti protokol kesehatan,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata, Yetti Martani kepada BERITA649.com, hari ini (27/8/2020).

BACA JUGA : Hamdan Handoko: 30 Ribu UMKM di Bantul Butuh Perhatian

Kata Yetti, ketaatan wisatawan domestik mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19 tidak terlepas dari kerjasama seluruh stakeholder sektor pariwisata. Itulah sebabnya,  sejak tempat wisata di Kota Yogyakarta dibuka, pengunjung  dari hari ke hari terus bertambah.

Berikut data jumlah pengunjung  yang direkap Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Data ini merupakan empat  besar tempat wisata yang paling banyak didatangi para wisatawan domesti hingga tanggal 26 Agustus 2020.

—————————–

  1. Kawasan Malioboro                              43.194 orang
  2. Tamansari 22.800 orang
  3. Gembira Loka                                           9.664 orang
  4. Taman Pintar                                            5.888 orang

——————————

BACA JUGA : Posko Dukungan Operasi Gugus Tugas Covid-19 DIY Masih Diperlukan

PROMOSI WISATA YOGYAKARTA: Yetti Martanti bersama Ketua PHRI DIY, Deddy Prawono Eryono. (dok. peribadi)

Yetti optimistis, geliat wisata di Kota Yogyakarta akan pulih.  Keyakinan tersebut berdasarkan tren kenaikan jumlah wisatawan setiap Minggu.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah menghidupkan wisata dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.  Itu kuncinya,” katanya.

Apakah kedatangan wisatawan juga berimbas terhadap keramaian tamu hotel? Yetti belum mendapatkan angka pasti.

Namun, ia berharap kenaikan wisatawan berbanding lurus dengan peningkatan tamu hotel berbintang maupun hotel non-bintang.  

Berdasarkan data yang disimpan Dinas Pariwisata, di Kota Yogyakarta sekarang in terdapat   92 hotel bintang. Sebanyak 585 hotel non-bintang. Ditambah 307 restoran dan 34 obyek wisata yang mengantongi tanda daftar usaha pariwisata. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA