oleh

Wisata Taman Sari Dibuka 8 Juli, Pengunjung Dilarang Sentuh Bangunan

YOGYAKARTA –  Kabar gembira bagi wisatawan. Wisata Taman Sari kembali dibuka tanggal 8 Juli 2020 setelah tutup sejak Februari lalu. Saat ini sedang dilakukan simulasi penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“Warga di sini kebanyakan dari sektor informal. Kami buka pelan-pelan,” kata Ketua Kampung Wisata Taman Sari, Ibnu Titianto, hari ini (6/7/2020).

BACA JUGA: Heha Sky View Banjir Wisatawan Domestik

Standar operasional prosedur (SOP) harus ditaati pengunjung. Mulai cek suhu tubuh, mengenakan masker, dan cuci tangan. Pengunjung juga dilarang menyentuh bangunan Taman Sari. Suhu di atas 37 derajat celcius tidak diperbolehkan masuk. Pengecekan suhu dilakukan selama tiga kali dalam jeda waktu.

Pengelola telah berkoordinasi dengan Puskesmas Kecamatan Kraton.  Bila ada pengunjung yang sakit langsung dilakukan pemeriksaan. Pada tahap awal, pengunjung dibatasi 250 orang. Maksimal pembelian tiket satu rombongan satu orang.

BACA JUGA: Kawasan Malioboro Makin Banyak Didatangi Pengunjung

“Ini untuk antisipasi membludaknya pengunjung. Kami telah menyiapkan shelter untuk menunggu,” terangnya.

Sedangkan pembayaran tiket masuk belum non tunai. Hanya,  petugas wajib mengenakan sarung tangan. Rencananya, pengunjung  diwajibkan memindai QR code untuk mempermudah penelusuran bila  terjadi penularan covid 19. (#)

reporter: nadhif alam zain | editor: sauki adham

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA