oleh

Wawali Imbau Wisatawan Tertib Protokol Kesehatan

BERITA649.Com –  Pemerintah Kota Yogyakarta sudah ancang-ancang menyambut liburan panjang akhir Oktober mendatang. Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi tidak lagi terulang ledakan jumlah pasien positif COVID-19.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, persiapan yang dilakukan antara lain mengintensifkan pemantauan lapangan. Sasaran pemantauan dilakukan di 14 kecamatan se-Kota Yogyakarta.

“Terus terang, kami tak ingin kejadian itu terulang lagi,” kata Heroe kepada BERITA649.com, malam ini (19/10/2020).

Kejadian yang dimaksud Heroe adalah peningkatan pasien positif COVID-19 baru pada bulan Agustus lalu. Kata Heroe, peningkatan kasus COVID-19 pada bulan Agustus sangat signifikan.

Angka kenaikan melebihi jumlah pasien pada awal penularan virus corona sekitar bulan April hingga Juli 2020.

BACA JUGA : Doni Monardo: Lawan COVID-19 Pakai 3M

Heroe yang juga ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta ini mengatakan, lokasi yang dipantau adalah semua tempat yang mengundang keramaian. Juga tempat favorit para wisatawan domestik.

Antara lain kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, Kotabaru,  Titik Nol, Alun-alun Utara, Taman Pintar, Tamansari dan Pasar Beringharjo.

Menghadapi liburan mendatang, protokol kesehatan di lokasi tersebut akan  dimaksimalkan. Pemkot Yogyakarta  terus memantau agar gerakan 3M, yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dapat dipatuhi masyarakat dan wisatawan.

Lantas, berapa estimasi jumlah wisatawan domestik yang akan liburan ke Kota Yogyakarta? Heroe belum bisa memastikan.

BACA JUGA: Didampingi Ayahnya, Hanafi Rais Terus Dzikir

Namun, diperkirakan jumlahnya signifikan. Indikatornya, para wisatawan dari berbagai daerah di Pulau Jawa telah pesan kamar hotel berbintang maupun kelas melati di Kota Yogyakarta.

Heroe hanya berpesan agar wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak  dan menghindari kerumunan.

Wawali juga meminta warga Kota Yogyakarta, terutama pegiat ekonomi di sektor pariwisata,  terus disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Karena protokol kesehatan terbukti bisa mencegah penularan COVID-19. Mari bersama menyudahi pandemi COVID-19,” kata Heroe. (ad/asa)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA