oleh

Walikota Persilakan Ruang Kerjanya jadi Tempat Belajar Siswa

MARWOTO HADI

YOGYAKARTA – Kompleks Balaikota Yogyakarta bakal dijadikan wahana belajar bagi anak-anak. Rencananya, bocah taman kanak-kanak hingga siswa sekolah dasar, termasuk siswa SMP bisa melihat lebih dekat kerja para aparat sipil negara (ASN) melayani masyarakat. “Sedang kami siapkan teknis pelaksanaan. Tapi, saya pastikan pada pertengahan tahun ini sudah dapat direalisasikan,” kata Walikota Haryadi Suyuti kepada Berita649.Com (16/1/2020).

Apa bentuk belajar itu? Walikota mengatakan, anak-anak akan diajak mengelilingi kompleks Balaikota Timoho. Ada pemandu yang akan menjelaskan kepada anak-anak. Walikota juga mempersilakan anak-anak masuk melihat lebih dekat ruang kerjanya. Termasuk ruang kerja Wakil Walikota Heroe Poerwadi. Bahkan dalam acara anjang sana ini, Haryadi memberi sinyal akan memberi kesempatan kepada para siswa menjadi “kepala daerah” meski hanya dalam waktu singkat.

“Saya ingin anak-anak mempunyai pengalaman melihat proses pemerintahan. Mudah-mudahan kegiatan pembelajaran non formal ini akan melahirkan generasi yang akan menjadi walikota Yogyakarta, entah tahun berapa,” kata Haryadi.

Nantinya, kegiatan anjang sana ini akan dikelola Bagian Umum Setda Kota Yogyakarta dan Bagian Protokol. Saat ini, tata cara pelaksanaan sedang digodok. Terpisah, anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Marwoto Hadi menyambut positif rencana Walikota Haryadi Suyuti.

“Ide itu bagus. Positif. Bisa memberi warna lain dalam memberi asupan pengetahuan kepada siswa,” kata anggota dewan yang akrab disapa Wotok.

Bahkan, Wotok telah merencanakan akan mengundang anak-anak SD, SMP hingga SMA untuk melakukan kunjungan ke lembaga legislatif. Layaknya seorang wartawan atau pemerhati pemerintahan, para siswa akan bisa melihat lebih dekat proses legislasi di tingkat fraksi, komisi dan alat kelengkapan dewan yang lain. Hanya, Wotok belum memastikan dimulainya kegiatan kunjungan siswa ke DPRD Kota Yogyakarta.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA