oleh

Walikota Minta Warga Positif COVID-19 Jangan Dikucilkan

YOGYAKARTA – Walikota Haryadi Suyuti meminta seluruh warga Kota Yogyakarta  tidak mengucilkan  pasien positif COVID-19. Penduduk  yang terpapar COVID-19 justru harus diberi semangat. Bukan, malah dikucilkan.

“Termasuk pasien orang tanpa gejala (OTG) yang mengisolasi diri  dirumah. Juga jangan dikucilkan. Tapi dikondisikan agar pasien tidak berinteraksi dengan orang lain,” pinta Walikota kepada wartawan, hari ini (14/10/2020).

Haryadi menegaskan  COVID-19 bukan penyakit kutukan. Warga  yang tertular COVID-19  juga bukan karena menanggung dosa besar . Stigma seperti  ini harus dihilangkan.

BACA JUGA : Kuota 5.800, Sudah Terisi 3.517 Orang

Masyarakat yang kondisinya sehat harus berempati terhadap  pasien  positif  COVID-19.

“Bayangkan kalau yang sedang sakit. Lalu  kesulitan mendapatkan makanan, lalu keluarga  tidak boleh keluar. Maka apa yang terjadi? Kasihan,” ujar Haryadi.

Itulah sebabnya, Pemerintah Kota Yogyakarta terus mensosialisasikan kepada masyarakat  terus melaksanakan 3M dengan baik. Mulai memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan menghindari kerumunan.

Bukan hanya social distancing yang dijaga.  Kebutuhan physical distancing juga harus menjadi perhatian. Karena tugas utama adalah menjaga jarak fisik.

“Kalau social distancing terjaga, tapi jarak fisik tidak terjaga ya bahaya,” kata Haryadi mengingatkan.  (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA