oleh

Walikota Minta Pesepeda Tak Terobos Lampu Merah

YOGYAKARTA – Walikota Haryadi Suyuti mengimbau agar para pesepeda  mematuhi peraturan rambu lalu lintas. Tidak boleh menerobos lampu merah. Tidak boleh mengambil jalur pengguna transportasi yang lain.

“Tetap harus sharing,” kata Haryadi Suyuti di Balaikota Timoho (14/9/2020).

Imbauan Haryadi menanggapi semakin banyaknya pesepeda pada masa pandemi virus corona. Pemandangan orang bersepeda tidak hanya pada hari libur. Kini, para pesepeda juga terlihat berseliweran di jalan pada hari-hari biasa.

Haryadi juga mengingatkan pesepeda tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Mulai memastikan sepeda dalam kondisi aman, menggunakan helm, memakai masker dan menjaga jarak.

BACA JUGA : Tidak Lolos Prakerja Gelombang 8? Tenang, Masih Ada Harapan

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Kepatuhan terhadap protokol kesehatan untuk menjaga keselamatan pesepeda dan pengguna jalan raya lain.

“Sekarang sedang tumbuh euforia masyarakat bersepeda. Pemerintah harus bisa merespon euforia ini menjadi satu budaya. Kami terus mengajak masyarakat menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari,” katanya.

Meningkatnya minat bersepeda merupakan perubahan ke arah baik. Antara lain menyehatkan masyarakat, kemacetan berkurang, dan polusi udara menurun.

Namun, perubahan gaya hidup harus disertai budaya ketaatan mematuhi peraturan rambu lalu lintas. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA