oleh

Vaksin Datang, Tetap Disiplin 3 M

BERITA649.COM – Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Dr Ede Surya Darmawan SKM MDM membenarkan vaksin adalah upaya protektif terhadap penyakit spesifik.

Beberapa virus dan bakteri di Indonesia memang sudah lama dilawan dengan imunisasi. Sehingga di Indonesia mengenal program imunisasi. Beberapa penyakit bisa dicegah melalui imunisasi.

“Vaksin COVID-19 ini juga diharapkan memiliki peran seperti itu,” kata Ede dalam Dialog Produktif bertema “Vaksin Datang, Tetap Disiplin 3M” yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), 10 Desember 2020.

Terkait efek setelah divaksinasi,  Ede menyebutkan hanya sekadar ketidaknyamanan bersifat sementara. Sakitnya hanya karena ditusuk jarum suntik. Kemudian ada bengkak, badan panas.

BACA JUGA: Huda Tri Yudiana: Tenaga Medis Sangat Kelelahan

Tapi, tidak berlangsung lama. Jika vaksin efektif, akan segera terbentuk antibodi yang membuat kebal terhadap penyakit yang spesifik.

Penyintas COVID-19, Abi Satri membenarkan pernyataan Dokter Dede. Terpapar COVID-19 menjadi kerugian secara fisik dan mental.

“Kondisi fisik pada hari ke enam dirawat di Wisma Atlet, tubuh menggigil karena demam,” kata Abi.

Pasca sembuh dari COVID-19, kondisi fisik  mulai membaik. Tapi secara mental masih kurang stabil. Ia masih takut keluar dan muncul di depan publik.

Setelah dikonsultasikan, keadaan tersebut  adalah dampak psikologis. Jadi, COVID-19 bukan hanya terdampak pada fisik tapi juga mental.

“Masyarakat yang menganggap COVID-19 hanya konspirasi, percayalah COVID-19 ini nyata. Karena mereka yang belum percaya mungkin belum pernah ada orang terdekatnya yang tertular COVID-19,” ujarnya.

Di akhir dialog, Ede kembali mengajak masyarakat bersiap menyambut vaksinasi sebagai bentuk proteksi spesifik agar tidak tertular COVID-19.

Namun, proses mendapatkan vaksin masih membutuhkan waktu. Karena itu menjaga 3M  bukan lagi pilihan. Tapi keharusan pada pandemi. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA