oleh

UMBY Menuju Top 100 World Class University

BANTUL – Antusias lulusan sekolah menengah atas meneruskan kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) tetap tinggi. Pada perkuliahan tahun akademik 2020/2021, UMBY menerima sebanyak 2.881 mahasiswa baru.

Datang dari berbagai kota di Indonesia. Bahkan, ada dua warga negara asing yang mendaftar. Keduanya dari Timor Leste dan Turkmenistan. Sedangkan mahasiswa aktif pada semester gasal sebanyak 10.328 orang. Diantaranya 31 mahasiswa dari warga negara asing.

“Keberadaan mahasiswa asing menjadi salah satu parameter bagi UMBY menjadi perguruan tinggi yang unggul dan bertaraf internasional,” kata Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah MSi MM.

BACA JUGA : Protokol Kesehatan jadi Solusi Atasi Takut Tertular

Dr Alimatus Sahrah MSi MM

Pada tasyakuran 34 tahun berdirinya UMBY tanggal 1 Oktober lalu, Alimatus juga mengungkapkan perkembangan akreditasi program studi yang membanggakan. Ia menyebut naiknya  akreditasi Program Studi Peternakan, Agroteknologi dan Teknologi Hasil Pertanian ke peringkat “A”.

Lalu, Prodi Magister Ilmu Pangan ke peringkat “Baik”.  Alimatus mengatakan, 37,5 persen program studi di UMBY terakreditasi “A”. Program studi terakreditasi “B” 56,72 persen. Target jumlah program studi terakreditasi “A” telah memenuhi skor syarat unggul menurut Badan Akreditasi Nasional (BAN).

“Sehingga UMBY berupaya mengajukan akreditasi perguruan tinggi dengan peringkat “Unggul”,” terang Alimatus.

Pada Dies Natalis tahun ini, UMBY  berdasarkan Kemendikbud berada pada peringkat 192 dari 2.136 perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan menurut 4ICU, UMBY pada peringkat 79 di tingkat nasional. 4ICU adalah search engine atau direktori yang menilai kepopuleran universitas dilihat dari  website resmi perguruan tinggi.

BACA JUGA : Beli Masker Itu Mudah, Kesadaran Memakai yang Susah

Di tingkat LLDIKTI Wilayah 5 DIY, UMBY pada posisi 18. Lalu, berdasarkan webometric, UMBY berada pada urutan 106 tingkat nasional, dan 6.118 tingkat internasional. Pada tahun 2029, UMBY menargetkan menempati peringkat 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Inshaallah bisa masuk Top 100 World Class University,” kata Alimatus.

Pada tasyakuran 34 tahun berdirinya UMBY, Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kunjung Masehat SH MH menyerahkan SK Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1.

Acara penyerahan disaksikan Pengurus Yayasan Wangsa Manggala, Aryo Winoto SPt, Teguh Wahyudi SE dan Mami Lestari SPSi. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA