oleh

Ulang Tahun, Paguyuban Warkaban Datangkan Ki Seno Nugroho

JAKARTA – Dalang Ki Seno Nugroho akan menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-39 Paguyuban Warga Kabupaten Bantul (Warkaban). Dalang yang namanya sedang kondang ini akan  tampil secara online tanggal  9 Oktober mendatang.

Ketua Paguyuban Warkaban, Didik Akhmadi mengatakan, Seno akan memainkan lakon Pandawa Namur Kawula. Lakon  ini dipilih untuk menyampaikan pesan kepada publik terkait program, kegiatan hingga visi dan misi Paguyuban Warkaban.

Wayangan climen dipilih karena bentuk gelaran wayang secara virtual yang cocok dengan kondisi sekarang. Dalang Ki Seno Nugroho pentas  di sanggar, lalu dipancarkan secara live streaming.

BACA JUGA : Merdeka.Com Tegaskan Tak Pernah Sebar Hoaks

Lakon “Pandawa Namur Kawula” merupakan episode perjalanan kehidupan para Pandawa yang menjalani hukum buang dari kerajaan akibat Pandawa kalah main dadu. Hukum buang ditetapkan selama 13 tahun.

Saat menjalani hukuman, para Pandawa menjalankan profesi sesuai masing-masing.  Ada yang menjadi guru tari, jagal tukang sembelih sapi, juru dakwah, dan pekerjaan lain. Para Pandawa berbaur bersama masyarakat, dan mengatasi berbagai persoalan.

BACA JUGA : Indonesia Bermasker, Nyalakan Harapan

“Misalnya, Bima bisa membebaskan seorang demang dari tuntutan seorang raksasa yang meminta upeti korban korban dalam bentuk manusia hidup,” kata Didik.

Hukum buang yang cukup lama berhasil dijalani. Para Pandawa akhirnya bisa kumpul di Kerajaan Wiratha, di bawah naungan Prabu Matswopati.

Lakon ini menggambarkan sesanti di masyarakat Jawa:  Wani ngalah, luhur wekasane; Andap asor, luhur wekasane; atau Sopo sing sabar, luhur wekasane. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA