oleh

Tips Liburan Bersama Keluarga di Rumah ala Reisa

BERITA649.com –  Menikmati liburan panjang tidak perlu harus keluar rumah. Atau juga tidak perlu ke tempat wisata.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19,  dr Reisa Brotoasmoro mengajak masyarakat liburan di rumah.  Staycation  atau berlibur di rumah bisa jadi pilihan terbaik.

“Karena paling aman. Masyarakat dapat mengendalikan lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan dapat melibatkan seluruh anggota keluarga,” kata Reisa di kanal YouTube Sekretariat Presiden (23/10/2020).

Staycation menjadi momen pas menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Membersihkan rumah, menyemprot disinfektan secara rutin, dan memastikan peredaran udara di rumah  lancar.

BACA JUGA: Liburan Panjang, Masyarakat Diminta Ikuti Protokol Kesehatan

“Yang lebih penting lagi  ada sinar matahari masuk,” katanya.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dirumah. Mulai tur virtual  lokasi wisata. Bisa juga memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga, termasuk olahraga.

Namun, bila masyarakat ingin bepergian keluar kota, sebaiknya memilih moda transportasi yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Selama perjalanan menjauhi kerumunan. Menghindari antrian panjang. Wajib memakai masker, hindari makan atau minum di tempat umum, serta tidak mengobrol panjang  dengan orang lain saat di bus atau kereta.

BACA JUGA: Pentas Virtual, Wayang Jogja Night Carnival 2020 Meriah

Bagi masyarakat berencana menginap, Reisa menyarankan memilih hotel yang disiplin menerapkan sanitasi dan protokol kesehatan.

Sementara masyarakat yang tetap bekerja saat liburan panjang juga tetap mematuhi protokol kesehatan di lingkungan perusahaan.

“Berlibur itu baik untuk kesehatan psikologis. Tetapi,  tetap harus melindungi diri dan orang lain dari resiko tertular COVID-19,” kata Reisa. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA