oleh

Tips Jaga Keselamatan Anak pada Pandemi COVID-19

#IngatPesanIbu

#Gerakan3M

YOGYAKARTA – Orang tua menjadi khawatir menyikapi belum berakhirnya wabah virus corona di Indonesia. Mereka mencemaskan anak-anak menjalani hidup sehari-hari di tengah pandemi COVID-19.

Para orang tua tetap ingin anak-anak selamat dari ancaman tertular virus Corona. Lantas, bagaimana cara menjaga keselamatan anak?  Situs unicef.org menyuguhkan tulisan tentang tips menjaga anak-anak di tengah ancaman COVID-19.

Apa yang dilakukan? Tak lain orang tua harus terus mengajak anak-anak disiplin mematuhi 3M. Yakni, memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

BACA JUGA: Gerombolan Kera Jarah Kebun Warga Kinahrejo

 

  1. Pakai Masker

Orang tua harus bisa memastikan anak memakai masker dengan benar setiap berada di luar rumah. Masker kertas hanya boleh dipakai satu kali. Sementara masker kain bisa digunakan lagi setelah dicuci dengan sabun setelah selesai dipakai.

Saat digunakan, pastikan masker menutupi hidung dan mulut. Jangan sentuh masker yang sedang dipakai. Cuci tangan dengan sabun sebelum menggunakan masker dan setelah melepaskannya.

Masker sebaiknya tidak digunakan siapapun yang belum dapat melepaskan masker tanpa bantuan. Seperti bayi dan anak berusia muda atau orang yang mengalami kesulitan bernapas.

BACA JUGA: PSBB, Penerbangan di YIA Belum Signifikan

  1. Cuci Tangan Pakai Sabun

Membiasakan anak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Terutama sebelum makan, setelah keluar dari toilet, di luar rumah dan setelah pulang dari bepergian. Saat pergi, selalu bawa cairan pembersih tangan jika tidak ada sarana cuci tangan umum.

  1. Jaga Jarak

Selalu mengingatkan anak agar menjaga jarak dengan orang lain di luar rumah. Waspadai keadaan sekeliling. Jika sedang antri, dan orang lain berdiri terlalu dekat, memohon dengan sopan agar mereka menjaga jarak aman. Selain itu, hindari kerumunan dan acara-acara publik. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA