oleh

Tiga Persoalan Finansial Perlu Dibenahi

JAKARTA – Survei indeks literasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, dengan indeks literasi 38,03 persen dari total populasi.

“Ada tiga permasalahan finansial yang perlu dibenahi agar menjadikan masyarakat yang financially fit,” kata Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit di Jakarta, hari ini (15/3/2021).

Pertama, pengetahuan. Pemahaman yang kurang terkait konsep dasar  finansial mengakibatkan banyak masyarakat mengambil keputusan finansial yang kurang tepat.

Misalnya investasi mengikuti tren tanpa memiliki pemahaman dasar, pemahaman waktu  tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi  atau investasi.

BACA JUGA: Ini Kata Deddy Corbuzier Komentari NYALA OCBC NISP

Kedua, kebiasaaan. Kebisaaan manajemen finansial yang kurang tepat dan terbawa lifestyle kekinian. Misalnya tergoda ajakan diskon, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan cara kredit.

Ketiga, mindset. Mindset keuangan yang kurang tepat. Misalnya perencanaan keuangan hanya untuk orang kaya. Karena biaya konsultasinya itu mahal atau perencanaan keuangan itu sulit.

Bahkan, menganggap pendapatannya tidak bisa disisihkan untuk tabungan atau investasi.

Nah, Bank OCBC NISP berkomitmen fokus untuk mengedukasi, mengarahkan, mendukung dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik.

“Saya berharap Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP ini bisa merangkul masyarakat,” kata Ka Jit. (aza/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA