oleh

Tiga Aspek Ini yang Menciptakan Kearifan di Masa Tua

SLEMAN – Kebijaksanaan pada lansia selaras dengan  kondisi mental yang sehat.  Kriteria sehat mental antara lain memiliki pengetahuan diri, penerimaan diri, harga diri, kepercayaan diri.

Mampu mengendalikan dan mengembangkan diri, dan memiliki kemauan untuk berhubungan dengan orang lain secara interpersonal maupun sosial.

Dosen Fakultas Psikologi UGM, Aisah Indati mengungkapkan bijaksana merupakan pengetahuan mendalam terhadap kehidupan dan kemampuan interpersonal berupa kematangan ego dan integritas.

Kognitif, afektif, dan reflektif merupakan faktor internal.  Sedangkan lingkungan fisik dan sosial adalah faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kebijaksanaan.

BACA JUGA: Gandeng Traveloka, Pemda DIY Percepat Vaksinasi Lansia

“Ada tiga aspek penting untuk mencapai kearifan di masa tua,” kata Aisah seperti dikutip ugm.ac.id (26/4/2021).

Pertama, memiliki rasa kepuasan dalam hidup. Artinya, walaupun memiliki banyak kekurangan dalam diri, tetap merasa puas dan bersyukur.

Kedua, memiliki keterbukaan dalam hidup. Yakni, kemampuan terbuka belajar dari orang lain.

“Yang terakhir  memiliki kebermaknaan hidup atau berharga,” lanjutnya.

BACA JUGA: Sebelum Lebaran, Bantuan Sebesar Rp 70 Juta Diserahkan

Openess juga termasuk mengomunikasikan rasa sakit yang dirasakan  secara fisik maupun psikologis. Keadaan tersebut tidak dipendam sendiri.

Keterbukaan justru dapat menjadi  media  tercapainya kesehatan mental dan kebijaksanaan.

Selalu positif thinking terhadap kronika kehidupan. Saat peristiwa tidak sesuai kehendak, dihadapi dengan sabar, evaluasi, dan menerima apa adanya.

“Cara mencapai kebijaksanaan sebenarnya sangat sederhana untuk diucapkan. Namun memang sulit  dilakukan,” ujarnya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA