oleh

Tidak Pakai Masker, Pelanggaran Terbanyak saat Liburan Panjang

BERITA649.com – Selama lima hari pada liburan panjang, Satpol PP Kota Yogyakarta mencatat 1.311 orang melakukan pelanggaran.

Pelanggaran paling banyak terjadi pada tanggal 31 Oktober. Tanggal tersebut merupakan hari Sabtu atau satu hari menjelang berakhirnya liburan panjang.

“Pelanggaran yang tercatat dalam data Satpol PP Kota Yogyakarta, sekitar 30 persen terjadi pada hari Sabtu, yang memang menjadi pengunjung paling banyak selama liburan,” terang Wakil Walikota Heroe Poerwadi kepada wartawan, sore tadi (2/11/2020).

Pelanggaran paling banyak adalah tidak memakai masker, atau tidak menggunakan masker dengan benar, dan tidak melakukan jaga jarak.

BACA JUGA: Hari Ini, DIY Tambah 32 Kasus Positif

Pelanggar sebagian besar dilakukan wisatawan. Namun, Pemkot Yogyakarta tidak memberlakukan denda kepada pelanggar.

“Selama liburan kemarin, kami lebih menekankan pada peringatan dan imbauan. Tidak dengan sangsi sosial atau denda,” jelas Heroe.

BACA JUGA: Relawan Turun Jalan, Ingatkan COVID-19 Masih Ada

Pada masa liburan, Satpol PP juga mencatat 539 pelaku usaha melakukan pelanggaran. Mereka dari berbagai jenis usaha.

Antara lain usaha kuliner, kerajinan, akseoris, dan pakaian. Pelanggaran berupa tidak menyediakan tempat cuci,  tidak memakai thermogun, tidak ada pembatasan tempat duduk, dan  penjual tidak memakai masker

Heroe menambahkan, total jumlah wistawan yang mengunjungi Malioboro sekitar 20.000. Angka tersebut akumulatif mulai Rabu sampai Minggu.

Sedangkan puncak kunjungan pada hari Sabtu, wisatawan mencapai 5.374 orang. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA