oleh

Tidak Lolos Prakerja Gelombang 8? Tenang, Masih Ada Harapan

YOGYAKARTA – Pendaftar Kartu Prakerja gelombang delapan sudah ditutup tanggal 14 September kemarin. Bagaimana cara mengetahui lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi gelombang, login ke akun pendaftaran. Lalu cek dashboard. Jika lolos seleksi gelombang, pendaftar akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.

Pendaftar juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard.  Bila tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja. Jika gagal seleksi Gelombang karena kuota habis, masih dapat mengikuti seleksi periode gelombang selanjutnya.

Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal. Nah, bagi yang belum berhasil, jangan kecil hati. Masih ada harapan untuk mengikuti tes dan seleksi gelombang berikutnya.

BACA JUGA : Seorang Pedagang Beringharjo Timur Positif Covid-19

Hanya belum ada informasi pasti, kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang sembilan dibuka. Beredar kabar di sosial media yang menyebutkan  pendaftaran Kartu Prakerja gelombang sembilan akan dibuka tanggal 17 September mendatang. Betulkah? Tunggu saja pengumuman resmi dari pemerintah.

Dalam akun instagram @pakerja.go.id diinformasikan bagi  yang belum sempat bergabung gelombang 8, masih bisa bergabung  gelombang berikutnya.

Lantas, jika  gagal atau tidak lolos seleksi gelombang, apakah harus ulang lagi pendaftaran? Berdasarkan panduan resmi melalui situs https://www.prakerja.go.id/faq, tidak perlu lagi melakukan pendaftaran.

Peminat Kartu Prakerja dapat mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Seperti diketahui, semua berpeluang bisa mendapatkan Kartu Prakerja.  Mulai pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, pekerja yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

BACA JUGA : Tim Satgas Covid-19 UGM Isolasi Panitia PPSMB

Tapi ada syaratnya. Pendaftar  adalah warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 tahun. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Program Kartu Prakerja  sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja  yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Berikut cara mendapatkan Kartu Prakerja. Siapkan email yang masih aktif. Klik prakerja.go.id.  Masukkan email dan password, lalu klik Daftar.

Selanjutnya buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email. Anda telah berhasil membuat  akun Kartu Prakerja. (#)

sumber: prakerja.go.id | editor: sauki adham

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA