oleh

Temui Gubernur DIY, KPK Koordinasi Sarana Penanggulangan COVID-19

BERITA649.COM – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Alexander Marwata menemui Gubernur Sultan Hamengku Buwono X. Pertemuan berlangsung di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan (4/12/2020).

Kedatangan KPK ke Yogyakarta bertujuan melakukan koordinasi sehubungan pengadaan sarana penanggulangan COVID-19.

“Ini terkait kondisi darurat yang masih berlangsung sampai saat ini,” kata Alexander kepada wartawan usai bertemu Sultan.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Ketua BPKP, Muhammad Yusuf Ateh; Kepala LKPP, Roni Dwi Susanto; dan Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji.

BACA JUGA: Total Pasien Suspek COVID-19 di DIY Tembus 16.662 Orang

Alex mengatakan, ke depan dipastikan akan terus ada pengadaan sarana. Mulai alat-alat kesehatan hingga vaksin COVID-19.

KPK ingin memastikan seluruh pengadaan  bisa efektif, efisien, dan memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Yang penting lagi, tidak ada penyimpangan atau pihak-pihak yang mengambil keuntungan di tengah kesulitan nasional yang kita rasakan saat ini,” kata Alex.

Gubernur  dalam pertemuan dengan KPK meminta ada arahan kebijakan dari pemerintah pusat. Termasuk dari KPK terkait pengadaan sarana penanggulangan COVID-19.

“Kami butuh arahan,” ujar Sultan.

Misalnya pembelian APD dan PCR. Apakah masuk barang dan jasa tidak? Kalau masuk, perlu diatur karena kondisinya masih darurat.

“Tapi kan kondisi ini sudah berjalan delapan bulan. Berarti biar pun darurat harus bisa diatur,” tambah Sultan.

Kata Sultan, perlu tidaknya lelang untuk pengadaan juga harus diatur. Harus ada kebijakan jelas. Sekaligus ada kemudahan melakukan kontrol. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA