oleh

Target Vaksinasi 70 Persen dari Jumlah Populasi

BERITA649.COM – Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Dr Ede Surya Darmawan SKM MDM mengimbau masyarakat  berkontribusi melalui program vaksin mandiri.

Program ini untuk  mempercepat tercapainya target kekebalan masyarakat. Ede menyebutkan kerugian ekonomi masyarakat sangat mahal  bila terinfeksi COVID-19. Biaya perawatan pasien COVID-19  sekitar Rp 184 juta per orang.

Itulah  sebabnya, pemerintah melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menghentikan penularan COVID-19.  Salah satunya rencana program vaksinasi.

Vaksinasi sebagai upaya intervensi kesehatan masyarakat yang efektif. Sejak 1956, Indonesia sudah berhasil menghilangkan beberapa penyakit menular melalui program imunisasi.  Yakni, cacar dan difteri.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Kasus Positif, DIY Siapkan 27 Rumah Sakit

“Mari sama-sama mendukung supaya bisa dilakukan. Karena vaksinasi sudah terbukti sebagai sarana kesehatan untuk menghilangkan penyakit,” kata Ede dalam Dialog Produktif bertema “Hancurkan COVID-19 dengan Vaksin, Disiplin 3M dan Hidup Sehat” di KPCPEN (1/12/2020).

Namun, mengingat target vaksinasi  70 persen dari jumlah populasi, masih membutuhkan waktu untuk membersihkan COVID-19 di Indoesia.

Karena itu memakai masker, mencuci tangan  dan menjaga jarak  tidak boleh kendor. Pasalnya, perlu waktu lama untuk program vaksinasi.

“Biasakan hidup sehat  agar tidak tertular virus corona. Mari dukung pelaksanaan vaksinasi dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh. Biaya vaksinasi jauh lebih murah daripada diobati karena sakit,” kata Ede

COVID-19 merupakan penyakit yang menuntut setiap orang patuh protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Istirahat  teratur, mengkonsumi buah dan sayur, serta berolah raga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (ad/asa)

 

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA