oleh

Tak Persoalkan Mudik Lebaran 2021, Sultan Hanya Minta 5M Dipenuhi

YOGYAKARTA – Gubernur Sultan HB X menyatakan larangan mudik tak terlalu efektif menekan masyarakat tidak melakukan perjalanan luar kota.

Sultan juga tidak mempersoalkan pemerintah pusat yang tidak akan melarang masyarakat melakukan mudik pada libur Lebaran 2021.

Konsekuensinya, kebijakan tersebut akan mengakibatkan meningkatnya mobilitas pendatang ke wilayah DIY.

“Mobilitasnya akan meningkat.  Bagaimana kita sekarang bisa mengontrol peningkatan.  5M harus dipenuhi. Itu saja,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan (17/3/2021).

BACA JUGA: Jatuh di Wajan, Perut Bocah Ini Melepuh

Sultan berharap jadwal cuti bersama Lebaran yang dipangkas pemerintah bisa meminimalisir mobilitas masyarakat.

“Silaturahmi cukup 2-3 hari saja sudah selesai. Mengurangi ruang orang untuk mobilisasi yang tidak bisa menerapkan 5M secara baik,” kata Sultan memberi alasan.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY akan memperkuat protokol kesehatan pada arus mudik lebaran. Screening akan dilakukan kepada pelaku perjalanan yang masuk atau keluar DIY melalui bandara, stasiun maupun jalan raya.

BACA JUGA: Restu, Lulusan UGM yang Hobi Traveling

Screening juga akan dilakukan di tingkat kelurahan maupun RT. Screening untuk mengantisipasi munculnya klaster baru COVID-19 di DIY.

“Bagi masyarakat DIY diharapkan bisa melaksanakan aktivitas di rumah dan menghindari acara berkumpul selama libur lebaran,” pungkasnya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA