oleh

Tak Perlu Takut Kubur Jenazah COVID-19

BERITA649.COM – Relawan Tim Reaksi Cepat BPBD DIY semakin sibuk. Lima relawan,  pagi tadi bertolak ke Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi yang dituju adalah RS DR Soedjono Magelang. Berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Yogyakarta.

“Kami ada permintaan dari masyarakat untuk mengambil jenazah di Magelang,” terang Relawan Ardian kepada BERITA649.COM, hari ini (21/12/2020).

Jenazah adalah seorang pria berusia 40 tahun, warga Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Meninggal dunia tanggal 21 Desember 2020 sekitar pukul 05.00.

“Saat kami makamkan,  hasil swab belum keluar,” terang Ardian, relawan yang akrab disapa “Thiwul”.

BACA JUGA: Pemerintah Gratiskan Vaksin COVID-19

Itulah sebabnya, pengambilan jenazah tetap menggunakan protokol kesehatan. Setelah melakukan koordinasi, para relawan berangkat ke Magelang.

Ada lima relawan yang diturunkan. Mereka adalah R Ardian, Wahyu AW,  Aris Widodo, Sunar H dan  Ginanjar Aga.

Ardian mengatakan TRC BPBD DIY menerima informasi dari RS DR Soedjono Magelang. Keluarga almarhum meminta jenazah dimakamkan di Kota Yogyakarta.

Karena kelurahan belum diaktivasi, Tim Pemakaman Posduk Penanganan COVID-19 DIY  membantu pemakaman. Sejumlah kabupaten yang sudah mengaktifasi Satgas Desa atau Kalurahan, pemakaman dilakukan masing-masing pemangku wilayah.

Masyarakat dapat berperan  melaksanakan pemakaman dengan protap protokol kesehatan.

“Jangan takut memakamkan jenazah COVID-19. Yang penting ikuti presedur keselamatan dan kesehatan. Masyarkat harus berdaya,” kata Ardian.

Tim relawan meninggalkan Kota Magelang pukul 11.32. Setiba di Kota Yogyakarta, jenazah dimakamkan di Tahunan, Umbulharjo. (aza/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA