oleh

Tak Masalah, Donor Darah pada Pandemi Covid-19

SLEMAN – Bagaimana  donor darah pada masa pandemi virus corona?  Pertanyaan itu menjadi tema pada webinar Blood for Love, Love for Humanity di Masa Pandemi Covid-19.

Acara ini diselenggarakan Korps Sukarelawan (KSR) PMI Unit 8 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

Menghadirkan narasumber Manager Kualitas UTD PMI Kota Yogyakarta, dr Naila Amalia. Naila mengatakan,  tidak perlu dicemaskan bila ada yang donor darah pada masa pandemi virus corona.

“Sampai saat ini tetap aman. Belum ada riset yang membuktikan adanya penyebaran Covid-19 melalui transfusi darah,” kata Naila di depan peserta webinar (27/9/2020).

Naila lantas menjelaskan prosedur donor darah pada masa wabah virus corona. Ia mengatakan masyarakat yang memiliki riwayat kontak dengan orang terpapar Covid-19 tidak diperbolehkan donor darah.

Keinginan donor darah ditahan dulu hingga dinyatakan tak lagi ada virus Corona dalam tubuh. Pendonor harus  menjaga kebersihan pernapasan dan  kebersihan tangan.

Mematuhi protokol kesehatan. Mulai pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Sementara petugas donor darah diharuskan menggunakan alat pelindung diri (APD).


Ketentuan Donor Darah

  • Menjaga kebersihan pernapasan dan etiket batuk
  • Menjaga kebersihan tangan
  • Melakukan disinfektasi permukaan secara teratur
  • Jaga jarak 2 meter pada setiap kursi di ruang tunggu dan area pengumpulan
  • Pekerja pusat donasi tidak bekerja jika mereka memiliki gejala Covid-19
  • Semua staf mengetahui kebijakan terbaru dan prosedur keselamatan dalam menanggapi pandemi.

Sementara Pembina KSR UMBY, Imam Suharjo  berharap webinar bisa memberi informasi lebih jelas kepada mahasiswa dan masyarakat. tentang tata cara donor darah pada masa pandemi virus corona. (nik/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA