oleh

Tak Ada Pilihan Lain, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

BERITA649.COM – Penyebaran COVID-19 belum berhenti. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, angka kasus positif di DIY justru  bertambah.

Satgas Penanganan COVID-19 memempersilakan masyarakat melakukan kegiatan di luar rumah. Dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan.

Memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan menghindar kerumunan. Berikut tips pencegahan umum menghindari COVID-19 yang dipublikasikan World Health Organization (WHO).

Pertama, saat Anda tidak bisa menjaga jarak aman dengan orang lain,  langkah antisipasi agar tidak tertular atau menulari yang lain adalah menutup mulut dan hidung dengan masker.

BACA JUGA: Finalisasi Penentuan Daerah Penerima Vaksin

Kedua, tetap mematuhi jaga jarak dengan yang lain. Minimal 6 kaki atau sekitar 2 lengan dari orang lain dari tempat Anda berada.

Ketiga, seperti dilansir Pusat Informasi COVID-19, saat Anda batuk dan bersin, tutup dengan siku atau tisu. Ini untuk melindungi agar virus tidak masuk ke orang lain.

Keempat, jangan lengah saat beraktivitas di luar rumah. Sebaiknya taat instruksi yang dikeluarkan  pemerintah.

Berikutnya, ketika berinteraksi sosial di luar rumah, jangan menyentuh mata, hidung atau mulut, kecuali tangan sudah bersih.

Keenam, sering cuci tangan. Selalu bersihkan permukaan  media yang kerap disentuh dengan disinfektan. (ad/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA