oleh

Sutlan Minta Pilkada Patuh Protokol Kesehatan

BERITA649.COM – Gubernur Sultan HB X meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY mewaspadai pandemi COVID-19.

Bawaslu diminta melakukan antisipasi penularan virus corona selama pemilihan kepala daerah di tiga kabupaten di DIY.

“Gubernur ingin kami meminimalisir penularan COVID-19,” kata Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono usai menemui  Gubernur Sutan HB X di Kepatihan, hari ini (23/11/2020).

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah potensi penyebaran COVID-19 pada musim pilkada adalah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan instansi lain.

BACA JUGA: Penduduk 3 Kampung Diminta Isolasi Mandiri

Sultan juga ingin anggota Bawaslu DIY dalam kondisi sehat. Bisa menjaga kesehatan saat melaksanakan tugas di lapangan.

Kata Bagus, Sultan justru menyarankan Bawaslu DIY agar minta difasilitasi Pemerintah DIY untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari ancaman COVID-19.

Termasuk membantu penegakan protokol kesehatan hingga pilkada berakhir.

Gubernur berharap pelaksanaan pemiliha kepala daerah di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul  berjalan sukses tanpa ada ketakutan dari masyarakat.

Selain membahas penanganan COVID-19, pertemuan Gubernur dengan Bawaslu membicarakan  netralitas aparat sipil negara (ASN).

BACA JUGA: Pasien Meninggal Sebagian Besar di Atas 50 Tahun

Lalu, rencana sejumlah  program kolaboratif antara Bawaslu DIY dengan Pemerintah DIY.  Terutama program kerja pasca pilkada.

“Salah satunya terkait ketugasan Bawaslu dalam rangka membangun nilai-nilai demokrasi dan menanamkan jiwa-jiwa pengawasan dari masyarakat,” kata Bagus.

Kata Bagus, Bawaslu sebagai lembaga tetap sudah mendapat lampu hijau untuk kolaborasi dengan program di DIY. Antara lain, program Desa Mandiri dan Budaya.

Nantinya akan dicanangkan program Desa Demokrasi dan Desa Anti Politik Uang.  Juga kampanye anti hoaks, tolak politik uang, dan politisasi SARA.

“Harapannya, pilkada kali ini bisa berjalan lebih berintegritas, serta kepatuhannya pada penyelenggaraan lebih maksimal,” kata Bagus. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA