oleh

Sultan Minta Penghuni dan Penduduk Saling Jaga Diri

YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta menyediakan tempat isolasi bagi warga terinfeksi virus korona tanpa gejala (OTG). Namanya Shelter Tegalrejo. Lokasinya di Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo.

Bangunan shelter berukuran besar ini diresmikan Gubernur  Sultan HB X, hari ini (22/9/2020).  Shelter menampung pasien yang memerlukan isolasi mandiri.

Shelter ini menempati bangunan rumah susun sewa. Terdapat 26 kamar yang berada di di lantai satu, dua dan tiga. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta memprioritaskan tempat ini bagi para tunawisma yang tertular Covid-19 status OTG.

BACA JUGA : Bupati Berau Meninggal Dunia, Muhammadiyah Berduka

KAMAR SHELTER: Mewah dan bersih. (mukijab/berita649.com)

Tempat isolasi ini tersedia fasilitas kamar yang memadai, zona dekontaminasi, wastafel, logistik dan alat bantuan pengamatan keamanan (kamera pengawas). Lokasi shelter menyatu dengan pemukiman penduduk.

Sultan meminta penghuni shelter dan penduduk setempat bisa saling menjaga diri dan membangun saling pengertian. Dua pihak bisa saling beradaptasi dengan situasi yang ada.

“Pembangunan rusunawa ini jauh lebih bagus dari rusunawa lain. Semoga pasien yang tinggal di sini sementara bisa cepat sembuh dan tidak merasa terbebani. Sementara masyarakat sekitar bisa beradaptasi dengan keberadaan shelter,” pinta Sultan.

Sultan mengatakan keberadaan shelter untuk hunian pasien Covid-19 OTG perlu mendapat apresiasi.

BACA JUGA : Kondisi Membaik, Pedagang Pasar Beringharjo Jalani Isolasi di Rumah

“Modal sosial masyarakat Yogyakarta dari dulu adalah gotong-royong dan kebersamaan. Ini tercermin dari keberadaan shelter ini,” lanjut Sultan.

Masyarakat  juga harus siap ketika mahasiswa dari berbagai daerah kembali ke Kota Yogyakarta. Sultan menyebut sebagai  tantangan ke depan.

Walikota Haryadi Suyuti saat memberi sambutan menegaskan pemerintah Kota Yogyakarta tidak bermaksud membebani warga Tegalrejo dengan penempatan shelter bagi pasien Covid-19 OTG.

(mkb/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA