oleh

Sultan Minta Pemdes dan Kelurahan Transparan Salurkan Bansos

YOGYAKARTA – Gubernur Sultan HB X meminta pemerintah desa dan kelurahan transparan dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos). Masyarakat diminta jujur dengan kondisi masing-masing. Bila ada warga yang perlu bantuan, bisa diinformasikan kepada perangkat desa.

Jika penerima mendapat bantuan ganda, harus dikembalikan kepada perangkat desa.  Sedangkan cara pengambilan bansos di BPD DIY  dengan menunjukkan KTP. Lalu, menandatangani berkas penerimaan bansos.

“Penyalurannya melalui Bank BPD DIY. Setiap penerima sudah memiliki jadwal pengambilan. Masyarakat penerima bansos hendaknya mencermati jadwal masing-masing,” kata Sultan di Kepatihan (15/5/2020).

Bantuan sosial bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) COVID-19 akan dicairkan mulai Minggu (17/5/2020) besok. Keluarga yang kali pertama akan menerima bansos adalah penduduk Wonosari, Gunungkidul.

Bansos berupa uang tunai sebesar Rp 200 ribu/kepala keluarga, ditambah Rp 400 ribu/KK bersumber dari APBD DIY.  Gubernur Sultan HB X mengatakan, total dana yang dikeluarkan Pemda DIY untuk bansos sebesar Rp 203 miliar lebih.  Sedangkan penerima bansos sebanyak 169.383 KK.

Selain bansos, Pemda DIY akan membagikan logistik kepada buruh gendong, pengemudi becak, dan warga miskin. Sultan menegaskan, logistik untuk masyarakat yang belum dapat bantuan dari pemerintah pusat. Juga bagi mahasiswa yang tidak bisa pulang ke daerah asal.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA