oleh

Sudah 15 Orang Diperiksa di RSUP Dr Sardjito

YOGYAKARTA – Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg Pembayun Setyaning Astutie MKes menyebut sampai sekarang di DIY baru satu pasien positif COVID-19. Pasien berusia tiga tahun. Saat ini dirawat di RSUP Dr Sardjito. Dinkes DIY telah melakukan pelacakan interaksi pasien.

“Kedua orang tua pasien masuk daftar PDP. Anggota keluarga lain yang pernah berinteraksi dengan pasien juga sudah kami periksa.  Hasilnya sehat,” terang Pembayun.

PEMBAYUN SETYANING A (humasdiy)

Hingga sekarang, sebanyak 15 orang telah diperiksa di RSUP Dr Sardjito. Tiga orang masih menunggu hasil pemeriksaan, 1 orang dinyatakan positif. Sedangkan di RSUD Panembahan Senopati Bantul terdapat 2  PDP. Di RSUD Wirosaban Yogyakarta terdapat 2 PDP. Sedangkan satu pasien dirujuk dari rumah sakit swasta ke RSUD Wirosaban.

Sementara Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular (BBTKL PPM) DIY diminta bisa segera memiliki reagen yang digunakan untuk tes darah COVID-19. Reagen adalah cairan yang biasanya digunakan di laboratorium. Reagen laboratorium biasanya ditambahkan untuk melihat reaksi kimia.

Reagen dibutuhkan dalam tes laboratorium untuk memeriksa sampel darah orang dalam pengawasan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP).

“Harapannya semoga bisa segera mandiri memeriksa sampel dari masyarakat. Soal biaya, ada yang ditanggung pemerintah pusat. Ada pula yang ditanggung pemerintah daerah,” kata Sultan.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA