oleh

Sosok Polisi Sederhana yang Dicintai Warga

INILAH sosok polisi sederhana. Ngayomi. Melindungi.  Dan, bisa ngemong masyarakat. Namanya Suyono. Berpangkat Aiptu. Ia bertugas sebagai BHABINKAMTIBMAS Kelurahan Notoprajan  Kecamatan Ngampilan. Kali pertama mengenakan seragam polisi sejak duapuluh tujuh tahun silam.

AIPTU SUYONO: Mengabdi tanpa batas. (asa/berita649.com)

Sejak kecil, polisi ramah yang lahir dan besar di Gunungkidul ini memang telah bercita-cita menjadi polisi.  Ketika lulusan SPG Muhammadiyah Wonosari ini diterima menjadi polisi, hatinya berbunga-bunga.

“Saya sangat bahagia. Saya ingin mengabdi untuk negara. Tidak ada yang lain,” katanya.

Ia telah bertugas dimana-mana. Pernah di Timor Timur, Aceh, hingga kemudian kembali ke Yogyakarta. Sejak 10 tahun lalu,  polisi yang mencintai anak-anak ini bertugas di Yogyakarta. Hari-harinya bertugas keliling dari kampung ke kampung. Pekerjaan ini dilakukan sejak siang hingga malam hari.

Bila pagi pukul 06.30 – 07.00, ayah dari dua anak ini bertugas membantu kelancaran lalu-lintas di Jalan KHA Dahlan. Membantu menyebrangkan anak-anak yang sekolah di SD Ngabean. Itulah sebabnya, sosok Suyono sangat dikenal siswa dan guru. Bahkan, semua orang tua siswa mengenal polisi yang selalu mengumbar senyum kepada siapapun.

Komentar Imah, misalnya. Orangtua siswa SD Ngabean ini salut terhadap Suyono. Ia betul-betul sosok polisi yang dicintai rakyat.

“Orangnya supel. Menyenangkan,” katanya.

Satpam Madrasah Mualimmat Muhammadiyah, Sadiman, juga memberi komentar sama. Ia memuji loyalitas Suyono ketika bertugas. “Pak Suyono itu adalah polisi yang bisa jadi contoh. Pengabdiannya tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA