oleh

Sosialisasi 3M, Mahasiswa UGM Gunakan Badut

BERITA649.com – Banyak cara melakukan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) bisa menjadi metode sosialisasi protokol kesehatan COVID-19.

Adalah KKN PPM UGM periode 3 yang menggandeng Unit YO288 untuk menyampaikan pesan pentingnya melakukan 3M pada pandemi virus corona.

Unit YO288 adalah kumpulan mahasiswa berdomisili di Kota Yogyakarta. Mereka tinggal di Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Kolaborasi KKN PPM UGM dengan Unit YO288 berinovasi  melakukan sosialisasi protokol kesehatan dengan  “Odong Odong COVID”.

BACA JUGA: 15 Ribu Mahasiswa jadi Relawan COVID-19

Odong-odong adalah wahana bermain seperti mobil yang dapat ditumpangi 4 hinggga 6 orang.  Kendaraan yang berjalan dengan cara dikayuh ini dilengkapi pemutar video.

Koormanit YO288, Alif Indira, mengutarakan mahasiswa UGM menambahkan odong-odong ini dengan maskot badut “Among Us”.

Permainan ini menemukan “pembunuh” di antara orang-orang yang berada pada ruang permainan yang sama sambil mengerjakan tugas.

BACA JUGA: Pengumuman CPNS Formasi 2019 Pemda DIY

Proses tuduh-menuduh dan perdebatan sering terjadi. Keadaan tersebut persis suasana yang terjadi tengah wabah virus corona.

“Melalui badut ini diharapkan mampu membantu menangkal mispersepsi yang berada di tengah khalayak sembari mensosialisasikan protokol 3M,” kata Indira seperti dilansir ugm.ac.id.

Program ini mendapatkan respon dari masyarakat. Pembawaan yang luwes dengan pendekatan  kearifan lokal membuat masyarakat menanti keberadaan odong-odong.

Indira mengatakan, program tersebut didukung Puskesmas Kraton, Polsek Kraton, dan Koramil 0819/03 Kraton.

Odong Odong COVID rutin dilaksanakan seminggu sekali untuk menegakkan protokol kesehatan di wilayah Kecamatan Kraton. (aza/asa)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA