oleh

Sinarbiyat: Saya Mau Tanya, Adakah Pemudik Positif Covid-19 ?

YOGYAKARTA –  Anggota DPRD DIY RM Sinarbiyat Nujanat meminta eksekutif menginformasikan laporan  pelaksanaan Surat Edaran  Gubernur DIY Nomor 5/SE/IV/2020 tentang Antisipasi Perkembangan Eskalasi Penyebaran Covid-19.

“Kalau bisa dilaporkan secara rutin lebih baik. Supaya masyarakat juga bisa ikut andil memainkan peran mencegah penularan virus Corona,” kata Sinar kepada Berita649.Com, siang ini (29/4/2020).

SINARBIYAT NUJANAT

Misalnya berapa banyak kendaraan digunakan pemudik yang ditolak masuk DIY melalui Prambanan, Tempel dan Kulonprogo? Adakah informasi yang bisa disampaikan tentang asal keberangkatan pemudik?

Lantas, apakah semua pemudik ditolak atau ada perkecualian? Bila ditolak, apa alasannya. Begitu pula bila diloloskan, apa pertimbangannya.

Dari jumlah tersebut, adakah yang positif terkena Covid-19? Lantas, apa tindakan yang dilakukan pemerintah daerah misalnya mengetahui pemudik yang positif Covid-19?

“Menurut saya, informasi itu penting disampaikan kepada publik. Soal teknis penyampaian, saya yakin pemerintah daerah sudah sangat menguasai,” kata Sinar, politisi Partai Gerindra.

Seperti diketahui, Surat Edaran  Gubernur DIY Nomor 5/SE/IV/2020 meminta walikota dan bupati melakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik bagi masyarakat DIY. Melakukan pemeriksaan Covid-19 kepada pemudik yang masuk ke DIY.

Gubernur juga meminta kabupaten dan kota Yogyakarta mendirikan pos operasi di daerah perbatasan yang menjadi jalur masuk ke wilayah DIY.  Juga menyiapkan tempat karantina dan melaksanakan kegiatan karantina selama empat belas hari bagi pemudik yang masuk DIY.

Semua kendaraan dari luar daerah yang masuk DIY melalui Prambanan, Tempel dan Kulonprogo dilakukan secreening. Pemeriksaan ditujukan khususnya kendaraan pribadi plat luar DIY.

Sementara kendaraan angkutan barang yang membawa logistik, mobil pengangkut energi, ambulance, dan kendaraan pembawa makanan diperbolehkan masuk.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA