oleh

Shaf Harus Dirapatkan, Jangan Sampai Demokrasi Dibajak

YOGYAKARTA –  Partai politik yang membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilemahkan, perlu diberi “pelajaran”.

Ajakan tersebut disampaikan Dr HM Busyro Muqoddas SH MH dan Dr Zainal Arifin Mochtar SH LLM pada diskusi di kantor DPD RI Perwakilan DIY, Jalan Kusumanegara, malam ini (7/6/2021).

Diskusi yang digagas DPD IMM DIY bekerjasama dengan Fokal IMM DIY dan LHKP PWM DIY juga disiarkan langsung melalui YouTube.

“Jangan pilih partai potitik yang membuat kondisi buruk seperti sekarang,” ajak Busyro.

BACA JUGA: Pensiun dari Jurnalis, Sukses Buka Usaha Depot Daging Sapi

Zainal maupun Busyro tidak menyebutkan partai politik yang dimaksud.

Pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini  mengajak masyarakat pro pemberantasan korupsi memberi sanksi kepada parpol yang melemahkan KPK.

Pegiat antikorupsi, Dr Zainal Arifin Mochtar SH LLM  mengungkapkan pelemahan KPK bukan seperti batu yang tiba tiba jatuh dari langit.

“Ada proses sebelumnya,” katanya.

Itulah sebabnya, Zainal Arifin mendukung diskusi yang diselenggarakan Fokal DIY dengan mengusung tema: Merapatkan Shaf, Meluruskan Kiblat Pemberantasan Korupsi.

BACA JUGA: UGM Terima 3.240 Mahasiswa Baru Lewat Jalur Ujian Mandiri

Shaf harus dirapatkan. Kata Zainal, dalam makna khayali, shaf harus dirapatkan. Jangan sampai demokrasi dibajak. Jangan sampai dibunuh.

Zainal mengatakan secepatnya  merumuskan arah kiblat pemberantasan korupsi. Pemimpin yang tidak amanah dan partai politik yang tidak amanah harus dihukum

“Jangan pilih lagi pada pemilu 2024,” ajaknya.

Sementara pemerhati sosial media, Ismail Fahmi PhD  mengatakan, dukungan terhadap penguatan KPK di media sosial jauh lebih besar daripada suara yang mendukung RUU KPK dan TWK.

Namun, dukungan tersebut tidak mampu mengubah kebijakan dan kekuatan politik.

Agar dukungan terhadap perjuangan pemberantasan korupsi bernapas panjang, perlu dijaga momen di lapangan yang bisa diamplifikasi di media sosial.

Misalnya melalui  pembuatan film, dan jalur hukum. (aza/asa)  

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA