oleh

Sepatu Bisa Tularkan COVID-19? Ini Penjelasannya?

YOGYAKARTA – Saking inginnya hidup bebas dari ancaman tertular virus corona,  masyarakat melakukan apa saja “perintah” yang diinformasikan dalam artikel. Artikel ini beredar bebas di sosial media. Ada di facebook, Instagram dan whatsapp.

Berikut fakta sebenarnya tentang COVID-19 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang  dirangkum di akun facebook: pusat informasi virus corona.

Tidak ada bukti bilasan larutan garam biasa melindungi orang dari COVID-19 atau infeksi pernapasan lain. Ada bukti dalam jumlah terbatas garam dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari demam biasa.

Sinar UV tidak boleh digunakan untuk mendesinfeksi kulit atau tangan. Sinar UV bisa mengiritasi kulit dan merusak mata. Membersihkan tangan dengan pembersih tangan berbahan alkohol atau sabun dan air adalah cara paling efektif untuk menghilangkan virus COVID-19.

BACA JUGA: 4.963 Jurnalis Daftar Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku  

Tidak ada bukti yang menyatakan COVID-19 bisa menyebar melalui gigitan nyamuk. COVID-19 bisa menyebar jika seseorang menyentuh permukaan yang terinfeksi. Kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Tidak ada bukti yang menyatakan COVID-19 bisa menyebar melalui lalat. COVID-19 bisa menyebar jika seseorang menyentuh permukaan yang terinfeksi. Kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Virus, termasuk yang menyebabkan COVID-19 tidak dapat tersebar melalui gelombang radio atau jaringan seluler. COVID-19 menyebar di banyak negara yang tidak memiliki jaringan seluler 5G.

Kemungkinan COVID-19 disebarkan karena sepatu sangat rendah. Sebagai langkah keamanan ekstra, pertimbangkan meninggalkan sepatu di pintu masuk. Ini akan mencegah kontak dengan kotoran atau sampah dari sol sepatu.

Virus yang menyebabkan COVID-19 merupakan bagian dari keluarga virus yang disebut Coronaviridae. Antibiotik tidak bekerja melawan virus. Beberapa orang yang terkena COVID-19 juga mengalami infeksi bakteri di saat yang bersamaan. Antibiotik bisa disarankan penyedia layanan kesehatan. (ad/asa/bersambung)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA