oleh

Sekda DIY: Lockdown di Malioboro Kewenangan Pemkot Yogyakarta

BERITA649.COM – Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, lockdown di Tugu Yogyakarta, Malioboro dan Titik Nol menjadi kewenangan Pemkot Yogyakarta.

Namun, bila lockdown dengan pertimbangan agar tidak terjadi kerumunan pada liburan, Pemerintah DIY menyatakan mendukung. Pernyataan Baskara Aji merespon usulan DPRD Kota Yogyakarta tentang perlunya lockdown di Tugu Yogyakarta, Malioboro dan Titik Nol.

“Kalau mau lockdown dengan pertimbangan terjadi kerumunan seperti liburan Natal kemarin, Pemda tentu akan mendukung,” kata Aji kepada wartawan, hari ini (28/12/2020).

Kata Aji, aparat penegak hukum berhak melakukan penyegelan tempat usaha, restoran, dan tempat publik lain bila pemilik tak mengindahkan teguran.  Jika tiga kali teguran tidak diperhatikan, dilakukan tindakan penyegelan.

BACA JUGA: DIY Hari Ini Tambah 210 Kasus Positif

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana juga mengusulkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, Aji mengatakan usulan tersebut masih menjadi pertimbangan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY.

Karena yang dilakukan DIY saat ini adalah Tanggap Darurat Bencana (TDB). Lalu, diperpanjang kembali hingga 31 Januari 2021.

Gubernur DIY mengambil kebijakan tersebut lantaran penambahan kasus positif masih terjadi.

“Usulan PSBB kami pertimbangkan dulu apakah bisa menekan angka penularan. Kalau sudah PSBB, sementara angka penularan disebabkan keluarga dan tetangga, tentu juga sulit,” ujar Aji memberi alasan.

BACA JUGA: 2 Pelajar Muhammadiyah Temukan Enzim yang Hambat Virus Corona

Aji kembali menekankan kunci keberhasilan penanganan COVID-19 adalah kesadaran masyarakat. Menangani pandemi virus corona bukan hanya mengandalkan petugas.

Menekan jumlah warga DIY terinfeksi COVID-19,  Pemerintah DIY berharap bisa memiliki GeNose, alat deteksi virus corona hasil kreasi UGM yakni GeNose.

Fungsi GeNose tidak akan menggantikan fungsi alat pendeteksi COVID-19 yang lain.  GeNose untuk screening. (mkb/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA