oleh

Sejenak Lupakan Keluarga, Amankan Masyarakat dari Virus Corona

YOGYAKARTA  – Avignam Jagat Samagram. Begitulah semangat yang terus secara konsisten dibangun para relawan kemanusiaan. Adalah Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY yang selalu hadir dalam berbagai peristiwa bencana kemanusiaan.

BRIEFING: Koordinasi lapangan. (istimewa)

Kini, TRC BPBD DIY yang beranggotakan relawan-relawan tangguh kembali turun jalan. Mereka bersama-sama pemerintah dan berbagai elemen masyarakat ikut menanggulangi pandemic virus Corona di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Tentu, kami melaksanakan aksi sesuai tugas pokok dan fungsi,” kata Komandan TRC BPBD DIY Pristiawan Buntoro kepada Berita649.Com, hari ini (20/3/2020).

Tugas personil TRC adalah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah yang ditengarai masuk “zona merah”.  Pekerjaan kemanusiaan ini dilakukan setiap hari. Dilakukan secara bergantian.

AMAN: Penyemprotan disinfektan di lokasi keramaian. (istimewa)

Para relawan mengenakan uniform. Mulai alat pelindung diri (ADP), sepatu, kacamata, kaos tangan hingga helm yang sudah standar dan safety. Para relawan yang sudah terlatih, teruji dan dibekali ilmu penanganan bencana ini siap bertugas tanpa mengenal waktu.

Mereka rela meninggalkan keluarga hanya untuk melakukan aksi kemanusiaan. Mereka hanya ingin pandemi virus Corona di Indonesia, khususnya di DIY, segera berakhir. Masyarakat kembali hidup tenang.

Kegiatan ekonomi  dan pariwisata kembali berjalan seperti biasa. Proses belajar mengajar di taman kanak-kanak, seklah dasar, SMP, SMP hingga perkuliahan dapat dilaksanakan lagi.

“Mari bersama-sama melakukan langkah terbaik untuk menghadapi virus Corona,” kata Koordinator Lapangan, Sony Haryanto.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA