oleh

Sebelum Lebaran, Bantuan Sebesar Rp 70 Juta Diserahkan

YOGYAKARTA – Kelompok Tani Dewasa (KTD) Pelangi Mendungan memperoleh  bantuan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

Bantuan berupa program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Program ini untuk penguatan ketahanan pangan.  Harapannya,  masyarakat  bisa memproduksi bibit sayur sekaligus mengembangkan tanaman sayur.

Program P2L menggunakan sumber dana alokasi khusus non fisik (DAK NF). Sebanyak 7 kelompok tani di Kota Yogyakarta menerima bantuan.

Salah satunya  Kelompok Tani Dewasa (KTD) Pelangi di Umbulharjo. Kelompok tani ini beralamat di Jalan Mendung Warih 154 Mendungan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta.

BACA JUGA: Biaya Cek GeNose di Sini Cuma Rp 15 Ribu

Berdiri tahun 2018. Sampai saat ini anggota berjumlah 30 orang.  Ketua Budi Santosa, Sektetaris Suharyanto dan Bendahara Wijiyanto.

Kabid Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Imam Nur Wahid mengatakan program Pekarangan Pangan Lestari ini menjadikan lahan tani perkotaan berfungsi sebagai sumber pangan bagi masyarakat.

“Mangan sing ditandur lan nandur sing dipangan. Ini merupakan konsep dari ketahanan pangan,” kata Imam kepada BERITA649.COM, hari ini (16/4/2021).

Budi Santoso mengatakan dalam kelompok yang diketuai terdapat unsur edukatif. Mempunyai daya rekreatif,  bervisi agrobisnis, serta  betul-betul merawat dan memelihara supaya bantuan semakin mensejahterakan petani.

Rencananya,  bantuan  sebesar Rp 70 juta akan diserahkan kepada kelompok tani sebelum lebaran mendatang. Bantuan diwujudkan berupa sarana dan prasarana pertanian, pembibitan dan pendampingan. (ags/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA