oleh

Satgas COVID-19 Apresiasi Kerja Keras Laboran

BERITA649.COM –  Kapasitas pemeriksaan COVID-19 di Indonesia terus meningkat hingga minggu ini. Jumlah pemeriksaan sejak awal Desember mencapai 95,35 persen.

Hasil data tersebut merupakan pencapaian tertinggi testing selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Jumlah ini mendekati standar yang ditentukan World Health Organization,” kata  Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito saat memberi keterangan pers  di Istana Kepresidenan Jakarta (10/12/2020).

Wiku mengatakan, testing dan tracing adalah upaya yang tidak terpisahkan. Harus dilakukan secara linier dengan perawatan pasien lanjutan.

BACA JUGA: Pasar Prawirotaman, Pasar Megah di Jogja Selatan

Itulah sebabnya testing, tracing dan treatment yang dilakukan pemerintah harus dilakukan secara masif agar dapat menekan angka kasus dan kematian, serta meningkatkan angka kesembuhan nasional.

Capaian testing merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah menjaring lebih banyak kasus, agar upaya deteksi dini. Namun, capaian tersebut harus diikuti peningkatan disiplin protokol kesehatan.

“Dengan disiplin protokol kesehatan dan testing terus ditingkatkan, laju penularan akan bisa ditekan. Tidak ditemukan kasus positif baru,” ujar Wiku.

Pemerintah daerah diminta mengatur ulang jumlah laboran dan jam kerja atau shift. Sehingga upaya pemeriksaan terhadap spesimen dapat berjalan dengan efektif.

Segera  koordinasi dengan pemerintah pusat jika ditemukan kendala yang tidak bisa diselesaikan terkait pemeriksaan spesimen.

“Satgas COVID-19 mengapresiasi peran laboran yang bekerja keras melakukan pemeriksaan spesimen tanpa kenal lelah,” kata Wiku. (ad/asa)  

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA