oleh

Satgas Cegah COVID-19 Varian Baru Masuk Indonesia

BERITA649.COM – Pasca ditemukan SARS-CoV-2 varian baru di South Wales Inggris, Satgas Penanganan COVID-19 buru-buru mengeluarkan addendum Surat Edaran Nomor Tahun 2020 yang ditandatangani Doni Monardo.

Surat edaran tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Keluarnya addendum surat edaran adalah langkah pemerintah memproteksi warga negara Indonesia. Mengapa? Tak lain karena terjadi peningkatan virus corona di Eropa dan Australia.

Itulah sebabnya, Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo meminta dilakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi.

BACA JUGA: Tekan Penularan COVID-19 pada Nataru, Kemkes Bentuk Tim Monitoring

“Ini dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19 varian baru di Indonesia,” kata Doni.

Protokol kesehatan yang ditambahkan antara lain, karantina mandiri bagi diplomat asing selama 5 hari. Karantina di lokasi yang disediakan pemerintah.

Kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia dapat melakukan karantina mandiri selama 5 hari di kediaman masing-masing.

Bila hasil pemerikasaan ulang rapid test PCR saat tiba di Indonesia menunjukkan hasil positif, yang bersangkutan langsung dirawat di rumah sakit.

Bila WNI, seluruh biaya ditanggung pemerintah. Sedangkan jika warga negara asing dengan biaya sendiri.

Ketentuan tersebut berlaku sejak addendum dikeluarkan hingga 8 Januari 2021. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA