oleh

Sate dan Tongseng yang Bikin Rindu Jogja

BANTUL – Suka kuliner berbahan daging kambing? Cobalah mampir di warung sate tongseng Mbah Darmo. Ini adalah tempat makan yang sudah berumur 50 tahun lebih.

Nama Mbah Darmo sudah melegenda di Yogyakarta. Sate, tongseng, dan gulai di tempat ini betul-betul mengguggah selera. Dagingnya empuk. Kuahnya terasa.

“Satu lagi yang membedakan tempat ini. Dagingnya tidak prengus (bau kas daging kambing, red),” kata Sudibyo, purnawirawan yang tinggal di Jakarta.

Pelayanan juga cepat. Pengunjung tidak membutuhkan waktu lama menunggu sajian yang siap dinikmati. Maklumlah, peracik di warung ini sudah sangat berpengalaman. Namanya Darmo Prayitno.

BACA JUGA : Warga Dikabarkan Positif Covid-19, Tetangga Mengungsi

PELANGGAN TETAP: Keluarga H Sudibyo dari Jakarta. (aris/berita649.com))

Pria berusia 58 tahun berkumis tebal ini sering disapa Tukijo. Ia membantu ayahnya, Darmorejo, berjualan sate dan tongseng sejak tahun 70an. Waktu itu, Tukijo masih berusia anak-anak.

Darmorejo adalah generasi kedua Sate Samirono. Pengalaman mendampingi ayahnya membuat Tukijo mahir meracik tongseng, gulai dan sate. Juga tengkleng, nasi goreng dan kicik.

Tak mengherankan bila warung makan yang dikelola bersama isteri dan anak-anaknya disukai banyak pelanggan. Setiap hari, Tukijo menghabiskan daging antara 10-15 kilogram. Buka setiap hari pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

Sederet pejabat dan tokoh masyarakat menjadi pelanggan. Namun, Tukijo enggan menyebutkan nama-nama. Ia hanya memperlihatkan foto pejabat dan tokoh masyarakat yang menjadi pelanggan tetap.

BACA JUGA : Kuliah Offline, UMY Ikuti Arahan MCCC

Bahkan, ada pelanggan yang setiap hari menikmati tongseng. “Kalau tidak makan tongseng sehari saja, rasanya lemas,” kata Tukijo menirukan tetsimoni pelanggan.

Lokasi warung ini berada di Jalan Arimbi Babadan 483 Banguntapan Bantul. Selengkapnya bisa pantau di maps. Jangan khawatir. Harganya murah. Cukup Rp 25 ribu per porsi. (#)

penulis: aris untoro | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA