oleh

Rumah Sakit Ini Sembuhkan 3 Ribu Pasien, Nol Kematian

BERITA649.com – Kerja keras Rumah Sakit Lapangan  Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II menangani virus corona layak diacungi jempol.  Rumah sakit ini sukses menyembuhkan sekitar 3 ribu pasien positif COVID-19 dengan angka kematian nihil.

Keberhasilan tersebut  diapreasiasi Liaison Officer (LO) Satgas COVID-19 BNPB, Laksma TNI (Purn) Didin Zainal Abidin.

“Langkah apa saja yang telah dilaksanakan  RSL akan  kami disampaikan kepada Bapak Doni Monardo selaku Kepala Satgas Nasional Penanganan COVID-19,” kata Didin.

Lantas, bagaimana kiatnya? Seperti dilansir Media Lokal untuk Perubahan, Penanggung Jawab RSL Kogabwilhan II, dr Nalendra mengatakan, ada lima strategi yang dilakukan.

BACA JUGA: Pemerintah Produksi Tes Cepat Berbasis Antibodi

Pertama, membuat semua pasien COVID-19 bisa hidup nyaman dengan memberi pelayanan berupa nutrisi, istirahat cukup, fasilitas relaksasi dan edukasi yang baik. sehingga pasien bisa menghadapi penyakit ini dengan baik untuk menghindari stres.

Kedua,  peran tim relawan sosial yang membantu  kebutuhan non medis. Misalnya memastikan keluarga aman, tercukupi kebutuhan makanan, membantu menyelesaikan masalah dengan lingkungan rumah maupun perusahaan tempat bekerja.

“Sehingga pasien betul-betul nyaman  beristirahat di  rumah sakit,” kata Nalendra.

BACA JUGA: Pandemi COVID-19, Belanja Online Naik 80 Persen

Ketiga, teamwork yang baik. Semua personel bekerja profesional sesuai tugas pokok dan fungsi. Keempat, pengobatan rasional. Hanya memberi obat-obat diperlukan.

Kelima, monitoring. Semua pasien selama 24 jam bisa melaporkan kondisinya kepada tim medis. Termasuk rutin melakukan laporan pagi  yang diikuti  dokter, perawat, analis, apoteker, IT, relawan pendamping, penerima tamu, ahli gizi,  dan BPBD. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA