oleh

Rumah Sakit Diutamakan Rawat Pasien Gejala Sedang Sampai Berat

BERITA649.COM – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melakukan sidak kesiapan RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu dalam menangani COVID-19.

Menkes juga merencanakan meninjau beberapa rumah sakit di luar kota untuk memastikan kesiapan penanganan COVID-19, terutama pasca liburan panjang.

“Kami siap-siap dari sisi bed, dokter, perawat, dan obat. Kami pastikan siap agar nanti kalau ada masyarakat yang terkena dan jumlahnya sangat banyak, kami sudah mengantisipasi sejak awal,” kata Menkes seperti dilansir kemkes.go.id (28/12/2020)

Budi meminta masyarakat yang sedang liburan tetap melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

BACA JUGA: 2 Pelajar Muhammadiyah Temukan Enzim yang Hambat Virus Corona

Setelah pulang liburan, sebaiknya tinggal selama 5 hari  di rumah atau 10 hari sampai terbukti  sehat. Kata Menkes, penerapan protokol kesehatan sangat membantu penanganan COVID-19.

“Sudah banyak tenaga medis  yang gugur. Jadi tolong kita hormati para tenaga medis. Kita memastikan diri kita sehat begitu sampai pulang dari liburan,” saran Budi.

Budi menegaskan, rumah sakit yang melayani pasien adalah tanggung jawab Kemenkes. Itulah sebabnya, Kemenkes  selalu menjaga komunikasi dengan pemerintah daerah dan kepala dinas kesehatan untuk memastikan kesiapan rumah sakit  menangani COVID-19.

Dirjen Pelayanan Kesehatan, Prof Kadir menambahkan, penanganan dan penanggulangan COVID-19 di rumah sakit diutamakan bagi pasien dengan kondisi gejala sedang sampai berat.

Pasien positif tanpa gejala atau konfirmasi positif dengan gejala yang ringan bisa isolasi mandiri. Tetap berkonsultasi ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Kata Kadir, Kemenkes juga memberi donasi dan bantuan kepada rumah sakit umum daerah yang membutuhkan peralatan kesehatan.

Ada tempat tidur, infus, dan peralatan medis untuk meningkatkan kapasitas tenaga medis mampu melayani masyarakat dengan baik. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA