oleh

5 Ribu Pedagang Sudah Gunakan E-Retribusi

YOGYAKARTA – Bank BPD DIY mendukung elektronikasi pelayanan daerah dengan e-retribusi. Pembayaran retribusi, misalnya. Retribusi dapat dibayarkan melalui teller, ATM, dan mobile banking Bank BPD DIY.

Kali ini, Bank BPD DIY, Pemkot Yogyakarta dan GOJEK bekerjasama agar pembayaran e-retribusi di pasar tradisional dapat dilakukan dengan GoBills.

GoBills  diluncurkan  Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Pasar Beringharjo (12/8/2020). Heroe Poerwadi mengatakan, sistem pembayaran tersebut sebagai salah satu cara  memutus rantai penularan Covid-19.

“Yakni melakukan transaksi secara non tunai. Transaksi sekarang bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi,” kata Wawali.

Wawali  mengimbau para  pedagang  memanfaatkan  aplikasi GoBills untuk melakukan transaksi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menjelaskan, sistem tersebut akan diterapkan di semua pasar tradisonal.

“Kami sudah punya database. Dari QR-Code transformasi ke QRIS, terus diimplementasikan dengan GoBills, atau sistem lain. Saya rasa tidak ada kesulitan,” katanya.

Saat ini sekitar 5.000 pedagang di Pasar Beringharjo sudah menerapkan sistem tersebut. Putaran uang  bisa mencapai Rp 4 miliar saat kondisi normal.

Direktur Pemasaran PT Bank BPD DIY, R Agus Trimurjanto mengatakan pembayaran retribusi dengan metode non-tunai merupakan terobosan untuk memaksimalkan potensi penerimaan daerah. Sekaligus membantu memutus rantai penularan Covid-19.

“Pedagang bisa melakukan pembayaran e-retribusi dan transaksi non tunai melalui aplikasi GoBills yang bisa diakses di smartphone,” kata Agus. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA