oleh

Remdesivir Mempersingkat Penyembuhan Pasien COVID-19

YOGYAKARTA – Obat antivirus bernama Remdesivir sedang ramai diperbincangkan. Remdesivir telah mengantongi  izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai obat bagi  pasien COVID-19 di Indonesia.

Hanya, izin edar dalam bentuk Emergency Use Authorization (EUA). Izin penggunaan obat diberikan secara darurat karena belum ada obat COVID-19 yang definitif dan disetujui.

“Bukan keadaan darurat karena pasien dalam kondisi darurat ya,” kata Pakar Farmakologi dan Farmasi Klinis, Prof Dr Zullies Ikawati Apt, hari ini  (5/10/2020).

Remdesivir tidak bisa diperoleh secara bebas di pasaran. Juga tidak tersedia di apotik. Tapi, langsung didistribusikan ke rumah sakit.  WHO telag melakukan uji coba obat ini untuk menanggulangi COVID-19.

BACA JUGA : Makin Banyak Warga Sembuh dari COVID-19

Hasilnya,  menunjukkan efektivitas yang baik. Mengkonsumsi Remdesivir mampu mempersingkat masa penyembuhan  pasien COVID-19.

Dulu, Remdesivir dipakai untuk mengatasi virus-virus RNA. Juga pernah digunakan saat wabah Ebola dan MERS. Zullies mengatakan, remdesivir adalah senyawa mirip adenosine. Bisa menyusup dalam rantai RNA. Obat ini menghambat replikasi virus dalam tubuh.

Namun, seperti dilansir ugm.ac.id, penggunaan Remdesivir hanya untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan usia di atas 12 tahun,  berat badan minimal 40 kilogram. Pemberian obat dilakukan melalui injeksi dengan infus.

BACA JUGA : Pelatihan Manajemen Stres di Puskesmas Tegalrejo

Hari pertama sebanyak 200 miligram. Hari kedua dan berikutnya sebanyak 100 miligram/hari. Konsumsi obat dilakukan 5 hingga 10 hari.

“Obat ini juga ada efek sampingnya,” kata Zullies.

Antara lain mual dan muntah.  Meningkatkan enzim transaminase yang berpotensi merusak liver. Karena itu,  penggunaan obat harus diberikan secara hati-hati terhadap pasien yang terindikasi memiliki gangguan fungsi hati.

Selain itu, keamanan penggunaan Remdesivir bagi wanita hamil dan menyusui juga belum diketahui. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA