oleh

Rektor UMY Sarankan DIY Segera Lakukan PSBB

BANTUL – Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Ir Gunawan Budiyanto MP setuju pemerintah provinsi DIY memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bahkan, rektor asli kampung Kauman ini mengatakan semakin cepat DIY diberlakukan PSBB, semakin baik.

“Menurut saya, DIY harus segera memberlakukan PSBB,” kata Gunawan kepada wartawan di Kampus UMY Jalan Ring Road Barat, siang ini (14/5/2020).

LENGANG: Jalan Malioboro. (saukiadham/berita649.com)

Mengapa? Gunawan mengatakan PSBB sangat penting dan dibutuhkan untuk menekan penularan Covid-19 yang semakin masif di DIY. Karena penularan sudah transmisi lokal. Bertambahnya penduduk positif Covid-19 di Bantul, Sleman dan Gunungkidul yang merupakan fenomena yang harus disikapi. Gunawan juga mengingatkan potensi penularan covid-19 gelombang kedua yang akan bergeser dari Jakarta dan sekitarnya ke daerah-daerah di Pulau Jawa.

“Kemungkinan besar akan terjadi pada Juni minggu kedua,” terangnya.

Gunawan juga menyoroti kerja Satuan Gugus Penanganan Covid-19 di DIY. Kerjanya harus dimaksimalkan lagi. Warga tidak lagi membutuhkan narasi atau wacana. Apalagi statemen politik. Penduduk membutuhkan aksi kongkret. Yakni, penduduk aman dan terlindungi dari Covid-19.

Itulah sebabnya, Gunawan memuji aksi warga yang telah bergerak. Misalnya mengumpulkan bantuan sembako dari para donatur lalu membagikan kepada masyarakat. Juga ada gerakan membagikan makanan takjil  di rumah penduduk.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA