oleh

PSBB akan Diberlakukan di DIY ?

YOGYAKARTA – Sekretaris Daerah DIY Drs R Kadarmanta Baskara Aji mengatakan tidak menutup kemungkinan DIY akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hanya, seperti dilansir jogjaprov.go.id, keputusan tersebut tidak bisa sepihak. Harus berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten dan pemkot Yogyakarta, termasuk Forkominda.

“Dan juga harus berdiskusi dengan Kemenkes, Kemendagri, dan Kemenkeu RI terkait ketersediaan anggaran bila DIY menerapkan PSBB,” kata Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Danurejan, siang tadi (4/5/2020).

Terkait penanganan virus Corona, Sekda mengatakan, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY yang juga Wakil Gubernur  Paku Alam X  mengirim surat kepada Satuan Gugus Tugas Kota dan Kabupaten se-DIY. Paku Alam minta segera dilakukan rapid test massal.

“Ini untuk mengetahui sejauh mana penularan Covid-19 di kabupaten dan kota,” terangnya.

Rapid test harus diperluas. Apalagi kenaikan pasien positif Covid-19 terjadi di kabupaten. Sekda mengatakan rapid test menjadi masukan  menentukan langkah strategis. Ketersediaan rapid test  masih mencukupi. Jika stok habis, langsung koordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Siapa yang menjadi sasaran rapid test? Warga bisa datang ke puskesmas, atau petugas yang datang ke permukiman penduduk. Mengenai ketersediaan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau bahan uji swab pasien terindikasi Covid-19, Aji menyatakan Pemerintah DIY baru saja menerima 25 ribu reagent dan prier.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA