oleh

Protokol Kesehatan di Wisata Lereng Merapi

#IngatPesanIbu

SLEMAN –  Lokasi wisata ini perlu dicontoh dalam mencegah penularan COVID-19. Adalah wisata Kaliadem, Cangkringan, Sleman yang konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Semua pengunjung yang masuk tempat wisata di lereng selatan Gunung Merapi ini wajib mematuhi 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Serta menghindari kerumunan.

Bila masuk dari arah Kinahrejo, telah disediakan tempat cuci. Ada petugas yang mengawasi. Bila ada pengunjung yang tidak tertib protokol kesehatan, petugas langsung meminta pengunjung cuci tangan di tempat yang telah disediakan.

BACA JUGA : Gedung DPRD DIY jadi Tontonan Masyarakat

“Ini adalah langkah preventif mendukung upaya pemerintah mencegah penularan virus corona,” kata seorang petugas.

Namun, tidak semua pengunjung di lokasi berhawa dingin ini mematuhi protokol kesehatan. Ada yang langsung masuk lokasi tanpa cuci tangan. Saat ditanya, yang bersangkutan mengatakan telah mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Pengunjung juga tidak semua memakai masker. Kebanyakan anak-anak muda yang tidak tertib. Masker hanya dikalungkan di leher. Tidak menutup bibir dan hidung.

BACA JUGA: Wisatawan Silakan Hadir, Yogyakarta Aman dan Nyaman

Sementara lokasi wisata Kinahrejo juga menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung yang masuk diminta cuci tangan. Dan tetap memakai masker.

Di warung Bu Panut, misalnya. Anak pertama almarhum Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi ini menyediakan hand sanitizer di meja.

“Ini untuk menjaga semuanya. Menjaga diri. Juga menjaga yang lain,” kata Bu Panut yang membuka warung di ujung timur komplek kediaman Mbah Maridjan. (nik/asa)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA