oleh

Pramuka Harus Jadi Pelaku Penguatan Ketahanan Masyarakat

YOGYAKARTA – Walikota Haryadi Suyuti melantik pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi  dilantik dan  dikukuhkan sebagai Ketua Kwartir Cabang periode 2020-2025.

Walikota berharap Pramuka bisa menjadi pelaku utama dalam penguatan ketahanan masyarakat. Membantu memberdayakan masyarakat mengatasi dampak pandemi, sekaligus mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Agar situasi segera bangkit. Pulih kembali seperti sedia kala,” kata Haryadi di Grha Pandawa, Kompleks Balaikota, Timoho (22/4/2021).

BACA JUGA: Bagi Echa, Kesejahteraan Karyawan jadi Prioritas

Haryadi yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta mengajak gerakan Pramuka menjadi bagian  gaya hidup anak muda melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY, GKR Mangkubumi menyebutkan tantangan dan persoalan generasi muda semakin kompleks.

Diperlukan peran berbagai  elemen,   termasuk  Pramuka.

“Ini merupakan amanah Satya Pramuka yang menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” kata GKR Mangkubumi.

BACA JUGA: Ini Tips Hindari dan Hapus Tag Facebook

Seperti diketahui, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 225 Tahun 2015 tentang Petunjuk Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka menyebutkan tugas Majelis Pembimbing memberi bimbingan dan bantuan bersifat moral.

Lalu, organisatoris, materiil, finansial dan konsultasi kepada gugus depan, satuan, dan kwartir. GKR Mangkubumi menitipkan kepada walikota agar pramuka bergerak dan tumbuh di Kota Yogyakarta

GKR Mangkubumi meminta  peningkatan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

“Itu diperlukan guna memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan pramuka di tingkat cabang,” kata Mangkubumi memberi alasan. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA