oleh

PKM, UMBY Berdayakan Karang Taruna

BANTUL – Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta menjadwalkan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).  Dilaksanakan Maret sampai Agustus 2021.

Kegiatan ini mengusung tema PKM Jogja Youth Farming Desa Argomulyo untuk Peningkatan Penghasilan Karang Taruna Yodha dengan Cara Pengolahan Empon-empon dan Budidayanya.

Pada kegiatan PKM yang dilaksanakan 20-21 Maret 2021, Fakultas Agroindustri UMBY mengajak 20 anggota Karang Taruna Yodha Kalurahan Argomulyo, Sedayu Bantul.

PKM menghadirkan pembicara  Dra Umul Aiman MSi dan Prof Dr Ir Dwiyati Pujimulyani MP. Kegiatan pengabdian masyarakat diawali pembukaan dan penyuluhan.

BACA JUGA: Ini Cerita Warga Klaten tentang Musim Bunga di Jepang

“Setelah selesai diklat terus giat memproduksi dan memasarkan biskuit, stik dan roti manis dari empon-empon,” ujar anggota Tim PKM, Prof Dr Ir Dwiyati Pujimulyani MP.

Profesor Dwiyati mengatakan, pangan fungsional dapat didefinisikan sebagai makanan yang tidak hanya memiliki efek mengenyangkan. Namun juga memiliki efek fisiologis yang baik untuk tubuh.

Pangan fungsional dapat bersumber dari bahan bahan lokal. Pengemasan pangan juga perlu diperhatikan untuk menjaga keawetan produk.

UMBY berharap PKM mampu meningkatkan semangat Karang Taruna Yodha mengembangkan potensi lokal. (ags/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA