oleh

PHBI DIY Tidak Selenggarakan Shalat Idul Fitri di Alun-alun Utara

YOGYAKARTA – Panitia Hari Besar Islam (PHBI DIY) memutuskan tidak  menyelenggarakan atau meniadakan  Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Alun-Alun Utara Yogyakarta pada Ahad  24 Mei 2020.

 “PHBI DIY meniadakan Shalat Idul Fitri di Alun-Alun Utara Yogyakarta dan tempat-tempat lain yang berada dalam koordinasi. Tujuannya  untuk keselamatan jiwa,” kata Ketua PHBI DIY, Muchlas Abror dalam siaran pers yang disampaikan ke redaksi Berita649.Com hari ini (16/5/2020).

Muchlas mengatakan, shalat Idul Fitri termasuk ibadah sunnah muakkadah. Umat Islam sangat dianjurkan melakukan  tanggal 1 Syawal pagi hari. Sebaiknya atau utamanya dilaksanakan di lapangan terbuka atau masjid.

Tetapi, Shalat Idul Fitri bukan ibadah fardhu yang wajib ditunaikan. Bila ada udzur syar’i yang dibenarkan  Islam, boleh dilaksanakan di rumah.

“Wabah korona yang mendunia ini penyebarannya cepat dan sulit dideteksi. Tetapi, proses penularannya cukup mudah. Wabah ini  secara fakta membawa bahaya nyata, bukan mengada-ada, dan belum mereda. Sekali-kali janganlah berbuat sebaliknya yang akan menjerumuskan dan membinasakan,” kata Muchlas.

PHBI DIY mengajak umat Islam menyambut kedatangan Idul Fitri dengan banyak bertakbir dan bertahmid di rumah. Tak perlu mengadakan pawai dan takbir keliling. Silaturahim meminta dan memberi maaf tidak harus dilakukan secara fisik. Melalui komunikasi lain masih bsisa  dilakukan.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA