oleh

Perlukah Anak Anak Pakai Masker? Ini Penjelasannya

YOGYAKARTA – Sangat penting mematuhi protokol kesehatan pada pandemi virus Corona. Salah satunya menggunakan masker. Seperti apa  masker apa yang dibutuhkan keluarga?

Bagi keluarga yang tinggal di wilayah dengan angka penularan COVID-19 tinggi dan tidak memiliki gejala apapun, disarankan memakai masker nonmedis. Yakni, masker kain atau pelindung wajah.

Seperti dilansir unicef.org, masker medis disarankan bagi siapa saja yang berisiko terkena penyakit berat akibat COVID-19. Misalnya lansia berusia di atas 60 tahun atau seseorang dengan kondisi kesehatan bawaan.

Termasuk tenaga kesehatan yang sedang merawat pasien COVID-19. Masker medis juga diperlukan bagi siapa saja yang menunjukkan gejala COVID-19 agar  dapat melindungi orang lain.

BACA JUGA : Pemkot Yogyakarta Hapus Denda PBB-P2

 

Apa jenis masker kain yang paling baik? Penelitian mengenai masker kain masih berjalan. Namun, efektivitas masker bergantung pada jenis dan jumlah lapisan kain. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan tiga lapisan.

Lapisan dalam terbuat dari bahan berdaya serap seperti katun. Lapisan tengah  dari bahan bukan tenun, seperti polipropilen. Sedangkan lapisan terluar terbuat dari bahan tanpa daya serap, seperti poliester atau kain dengan kandungan polyester.

Jangan lupa, masker dilengkapi tali elastis agar tidak mudah lepas, dan selalu menutupi area hidung, mulut, dan dagu.

BACA JUGA : Tak Lengkap ke Magetan Nggak Bawa Pulang Getuk Pisang

Apakah anak-anak perlu memakai masker? UNICEF dan WHO menyarankan anak berusia lima tahun ke bawah tidak perlu diwajibkan mengenakan masker. Anjuran ini dibuat demi keselamatan anak. Faktanya, setiap anak boleh jadi mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda.

Anda dapat membuat masker sendiri untuk anak. Tapi dipastikan masker menutupi area mulut, hidung, dan dagu tanpa celah pada sisi wajah dan masker tidak menghalangi pandangan. Lalu, pastikan anak bisa bernapas dengan nyaman, termasuk saat berjalan cepat dan berbicara.

Anak usia 6 – 11 tahun  mengenakan masker berdasarkan tingkat risiko. Yakni, risiko  penularan lokal, kemampuan anak mematuhi aturan, kehadiran orang dewasa, dan pertimbangan lain seperti kondisi disabilitas atau penyakit bawaan.

Sedangkan anak berusia di atas 12  tahun diminta mengikuti aturan mengenakan masker orang dewasa. Nah, bila  anda atau anggota keluarga memiliki kondisi kesehatan atau disabilitas yang menyulitkan penggunaan masker, silakan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA