oleh

Penundaan Angsuran Kredit Bank BPD DIY

YOGYAKARTA – Bank BPD DIY membuka pintu lebar-lebar bagi nasabah UMKM yang akan mengajukan penundaan angsuran kredit. Program relaksasi ini merupakan kepedulian Bank BPD DIY menyikapi pengusaha yang terkena imbas wabah virus Corona.

“Program penundaaan ini berlaku bagi debitur yang kredit di bawah Rp 10 miliar,” kata Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad kepada Berita649.Com, hari ini (8/4/2020).

SANTOSO ROHMAD

Namun, program ini bukan bersifat wajib. Nasabah debitur bisa memanfaatkan program ini. Namun,  jika debitur masih bisa melakukan angsuran, tidak perlu mengambil program relaksasi.

Kata Santoso, waktu penundaan bervariasi. Mulai tiga bulan, setengah tahun hingga 12 bulan. Lantas, bagaimana mekanismenya? Nasabah menyampaikan permohonan kepada Bank BPD DIY.

Formulir telah disiapkan. Selanjutnya diisi. Lalu, diberikan kepada petugas. Bisa juga lewat email atau aplikasi whatsapp.  Petugas akan melakukan analisis untuk menentukan waktu tepat penundaan angsuran.

“Bagi debitur yang ingin mengajukan penundaan angsuran, silakan menghubungi kantor Bank BPD DIY terdekat,” kata Santoso.

Berdasarkan inventarisasi Bank BPD DIY, jumlah nasabah debitur di bawah Rp 10 miliar mencapai ribuan orang. Itulah sebabnya, petugas perlu melakukan analisis untuk menentukan waktu penundaan angsuran.

Karena kondisi kemampuan masing-masing debitur berbeda. Santoso berharap nasabah tetap tenang.Tidak perlu panik. Tetap optimistis menyikapi wabah penyebaran Covid19.

“Saya bisa memahami sekarang ini adalah masa sulit bagi siapa saja. Terutama bagi pelaku usaha. Percayalah.  Ini akan berakhir. Mari bangkit. Mari bersama sama maju untuk berkembang bersama,” ajak Santoso.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA